Berbagai Penyebab Utama Kerusakan Pada Lantai Epoxy

with No Comments

Meski pun terkenal sebagai metode konstruksi lantai yang paling kuat dan kokoh, epoxy lantai juga kadang bisa mengalami kerusakan. Namun kerusakan yang timbul pada lantai epoxy umum terjadi karena beberapa faktor yang memang signifikan. Penggunaan umum dengan perlakuannya yang biasa, diketahui tidak pernah memberi efek damage bagi lantai epoxy.

Kerusakan pada lantai epoxy dapat beragam bentuk. Bisa berbentuk keretakan, kemunculan pori-pori dan gelembung, dan lain sebagainya. Jika kemudian kerusakan-kerusakan kecil ini tidak ditangani sesegera mungkin, maka akan berpotensi membuat kerusakan pada struktur lantai kian melebar. Dan jika ini sudah terjadi, maka tentu saja performance epoxy lantai menjadi berkurang.

Penyebab Umum Kerusakan Lantai Epoxy

Epoxy flooring sebenarnya adalah metode finishing lantai yang sangat kuat dan kokoh. Selain kokoh, lantai dengan metode epoxy juga lebih bersih, lebih cerah, dan lebih awet dari sisi lifetime. Oleh karena itulah kemudian, epoxy banyak sekali diaplikasikan pada lantai untuk bangunan-bangunan yang sifatnya memiliki mobilitas aktivitas tinggi. Taruhlah misalnya untuk lantai basement parking area, untuk lantai instalasi kesehatan seperti rumah sakit dan laboratorium, untuk warehouse atau pergudangan, dan lain sebagainya.

Namun lantai epoxy juga tidak menutup kemungkin mengalami kerusakan jika pada proses aplikasi atau finishingnya tidak sempurna. Kurang maksimalnya membersihkan bidang lantai sehingga menyisakan partikel debu pada beberapa kasus bahkan dapat memperpendek umur epoxy. Kerena itu, memang proses pemasangan epoxy lantai harus dilakukan dengan sangat seksama dan oleh tenaga yang berpengalaman.

Lalu, apa saja sebenarnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada lantai epoxy? Berikut adalah beberapa di antaranya;

Bobot yang Dibebankan Pada Permukaan Epoxy

Penyebab pertama dari risiko kerusakan permukaan cat epoxy lantai umumnya adalah karena faktor bobot barang-barang yang dibebankan di atasnya. Dan hal ini pada dasarnya berhubungan pula dengan jenis epoxy apa yang digunakan sebagai pelapis lantai. Jika yang digunakan adalah kualitas terbaik, biasanya beban berat tidak akan membuat lantai epoxy menjadi tergores apalagi retak.

Namun sebaliknya, jika kualitas epoxy yang digunakan rendah. Maka beban berat yang diterima permukaan lantai akan membuat banyak bekas berupa goresan, retakan, bahkan pecah. Jadi relevansi bobot sebagai penyebab utama kerusakan lantai epoxy ini berhubungan erat pula dengan kualitas epoxy yang digunakan.

Lantai Epoxy

Lifetime Cat Epoxy

Alasan kedua yang menjadi penyebab kerusakan lantai epoxy adalah umur cat itu sendiri. Jika sudah digunakan untuk waktu yang lama dengan mobilitas aktivitas yang tinggi di atasnya, maka epoxy juga dapat mengalami masa fatique atau kelelahan lebih cepat. Dan ini adalah pemicu yang membuat tekanan yang diterima Penyebab Kerusakan Lantai Epoxy dapat menyebabkan terjadinya potential damage.

Banjir dan Resapan Air

Meskipun epoxy lantai memiliki kemampuan resistance yang baik dan waterproof, namun jika terendam banjir dalam waktu yang lama atau berkali-kali, tentu juga bisa menyebabkan kerusakan.

Struktur epoxy yang terendam terlalu lama, atau berada pada wilayah dengan tingkat resapan air yang tinggi akan memiliki kelembaban yang membutat struktur kekuatan epoxy menjadi melemah. Dan semakin lama, hal ini akan membuat epoxy lebih rentan terhadap kerusakan.

Leave a Reply